• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Ketua PTA Ambon Canangkan Zona Integritas Birokrasi Bersih di Kabupaten SBT

19 June
00:28 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bula : Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Ambon Sukiman BP, Selasa (18/06/2019), melakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur. Pencanangan Zona Integritas dilakukan Ketua PTA Ambon Sukiman BP, usai melantik dan mengambil sumpah Lutfi Muslih sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.

Sebelumnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pengadilan Agama Hunimoa dibawah pimpinan wakil ketua yang baru dilantik Lutfi Muslih, mendeklarasikan komitmen membangun Zona Integritas, dilanjutkan dengan penandatanganan akta komitmen. Naskah Deklarasi Zona Integritas dibacakan Lutfi Muslih dan diulang secara serentak oleh seluruh jajaran Pengadilan Agama Fataran Hunimoa.

Ketua PTA Ambon Sukiman BP dalam sambutannya menjelaskan, pendeklarasian komitmen membangun zona integritas sebagaimana yang dilakukan jajaran ASN Pengadilan Agama Dataran Hunimua merupakan wujud dari tuntutan reformasi brirokrasi  yang mengharuskan ASN membangun birokrasi yang bersih.

Menurut Sukaman, hakekat dari pembangunan zona integritas adalah membangun dan mengimplementasikan reformasi birokrasi secara baik untuk menumbuhkembangkan budaya kerja  yang anti korupsi, berjenjang dan komit melayani masyarakat. Dalam pencanangan zona integritas, kata Sukiman, tata caranya dilakukan di hadapan publik agar  instrumen-instrumen pencegahan tindak pidana korupsi  seperti pelayanan terpadu satu pintu dapat dikelola secara baik, profesional, integratif dan akuntabel.        

“Zona integritas ini kita mulai dengan pencanangan. Selanjutnya kita membangun sistem yang mampu menutup kemungkinan-kemungkinan terjadinya korupsi.  Implementasinya diarahkan pada enam area pelayanan dan hasilnya nanti kita ukur melalui survei dengan melihat tingkat kepuasan masyarakat. Birokrasi bersih adalah inti dari pelayanan kita terhadap pencari keadilan,” tegas Ketua PTA Ambon Sukiman BP menjawab RRI.

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutan tertuls yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Syarif Makmur menyatakan, zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada lembaga yang berkomitmen mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani. Bupati meyakini pencanangan zona integritas dapat meningkatkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik di lingkungan lembaga peradilan.

Diingatkan bupati, sejak era reformasi tahun 1998, birokrasi pemerintahan di Indonesia berubah wajah dengan sebutan reformasi birokrasi.  Tujuan dari reformasi birokrasi ini adalah untuk untuk mewujudkan sistem penyelenggaran pemerintahan baik, efektif, efisien dan professional. Targetnya adalah terwujudnya peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, terciptanya pemerintahan yang bersih dari KKN, serta meningkatnya pelayanan publik.

Menurut bupati, Pemkab SBT pastinya mendukung secara penuh penerapan Zona Integritas WBK dan WBBM di lingkungan Pengadilan Agama Dataran Hunimoa. Dengan penerapan zona integritas diharapkan sinergitas antar lembaga negara sebagaimana pembagian kekuasaan berdasarkan Tria Politka, yakni Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif di Negeri Ita Wotu Nusa dapat terwujud harmonisasi yang indah dalam mengoptimalkan pelayanan kepada publik.

Pencanangan  Zona Integritas Birokrasi Anti Korupsi di Aula Kantor Bupati SBT dihadiri Sekda SBT Syarif Makmur, Wakapolres SBT Kompol Dedy Widia Putra, Kepala Kejaksaan Negeri SBT Riyadi, Kepala Pengadilan Negeri Dataran Hunimua Purwanto Abdullah, Staf Kementerian Agama Kabupaten SBT dan pimpinan OPD lingkup Pemkab SBT. (AL)

  • Tentang Penulis

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

  • Tentang Editor

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00