• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Wakil Ketua Pengadilan Agama Hunimoa Dilantik di Bula

18 June
21:41 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bula : Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Ambon Sukiman BP, Selasa (18/06/2019), secara resmi melantik dan mengambil sumpah Wakil Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimua Lutfi Muslih di Aula Kantor Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku. Lutfi menggantikan pejabat lama Marwan Wahdin yang dipromosikan sebagai ketua salah satu pengadilan agama di Provinsi Sulawesi Barat.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Lutfi Muslih sebagai pimpinan Pengadilan Agama Dataran Hunimoa didasarkan atas Surat Keputusan (SK) Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia Mohammad Hatta Ali Nomor 74 Tanggal 25 April 2019. Prosesi pelantikan dihadiri Sekda Kabupaten SBT Syarif Makmur, Wakapolres Kompol Dedy Widia Putra, Kepala Kejaksaan Negeri SBT Riyadi, Ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunimua Purwanto Abdullah dan pimpinan OPD.

Usai dilantik, Wakil Ketua Pengadilan Agama Hunimoa Lutfi Muslih dan seluruh jajaran pada lingkup Pengadilan Agama Hunimoa mendeklarasikan komitmen meuwujudkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi  (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Deklarasi Anti Korupsi dilanjutkan dengan penandatanganan akta integritas.  

Wakil Ketua Pengadilan Agama Hunimoa Lutfi Muslih dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab SBT atas bantuan dan kerja samanya selama ini. Atas nama jajaran Pengadilan Agama Hunimoa ia meminta izin untuk melakukan aktivitas pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan di Negeri Ita Wotu Nusa.

“Ini sebagai perwujudan visi Mahkamah Agung menuju badan peradilan Indonesia yang agung, melalui empat visinya, yakni menjaga kemandirian badan peradilan, memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan bagi pencari keadilan, meningkatkan kualitas badan peradilan dan meningkatkan transfaransi badan peradilan,” tegas Lutfi.

Diakui Lutfi, tanggung jawab yang dibebankan kepadanya sebagai pimpinan pengadilan agama di Kabupaten SBT tidaklah mudah, lebih-lebih menghadapi ekspektasi publik yang sangat tinggi terhadap pelayanan badan peradilan seperti saat ini.  Aparat peradilan dituntut bergerak lebih cepat  untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi dengan meningkatkan kualitas layanan dan inovasi-inivasi sesuai kebutuhan.

Ditambahkan Lutfi Muslih, sejak diresmikan pada 22 Oktober 2018, Pengadilan Agama Dataran Hunimua langsung melakukan gebrakan, salah satunya dengan melaksanakan implementasi pelayanan terpadu satu pintu pada pertengahan Desember 2018. Implementasi pelayanan satu pintu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan di Kabupaten SBT.

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Syarif Makmur mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Wakil Ketua Pengadilan Agama Hunimoa yang baru diantik Lutfi Muslih.

“Atas nama pemerintah daerah saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Wakil Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa yang baru dilantik, disertai harapan semoga dapat menjalankan kepercayaan yang diberikan dengan amanah dan menjadi rahmat bagi institusi peradilan agama dan masyarakat Seram Bagian Timur,” ujar bupati, dikutif sekda.

Dan kepada pejabat lama Marwan Wahdin, Bupati Keliobas menyampaikan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segalan pengabdiannya. Wakil Ketua Pengadilan Agama Hunimoa pertama ini dinilai amanah, bertanggungjawab dan memiliki dedikasi tinggi untuk memajukan pengadilan agama selama kurang lebih tujuh bulan. (AL)

  • Tentang Penulis

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

  • Tentang Editor

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00