• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Penyandang Disabilitas Maluku Terima Bantuan Modal Awal

18 June
15:53 2019
2 Votes (1.5)

KBRN:Ambon-Belasan Penyandang Disabilitas di Maluku mendapatakan bantuan dana usaha (Modal Awal) sebesar Rp1-2juta dari Pendiri dan Direktur Clerry Cleffy Institute Maluku Dwi Prihandini, yang juga Psikolog Perdamaian, Inspirator Nasional Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI, serta Dosen Luar Biasa pada Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, Selasa (18 Juni 2019) di salah satu Hotel di Kota Ambon.

Dwi Prihandini mengaku, bantuan modal usaha yang diberikan kali ini merupakan bantuan ke dua, dimana awal tahun 2019 juga diberikan bantuan modal usaha kepada 25 penyandang disabilitas dengan rincian 21 dari Kota Ambon dan 4 dari Pulau Seram. Sementara di kali ke dua ini, bantuan modal usaha diberikan kepada 11 orang dengan rincian, lima orang penerima bantuan part 1  (Penerima Lama) dan enam orang penerima baru. 

“Ini bantuan kali ke dua setelah sebelumnya saya juga memberikan bantuan kepada 25 orang penyandang disabilitas dari Kota Ambon dan Pulau Seram. Dari 25 orang itu, lima orang yang mejalankan usahanya dengan serius sehingga di bantuan kali ke dua ini, mereka kembali terima bantuan. Untuk penerima pemula, saya berikan dana modal awal sebesar Rp 1juta, sementara penerima bantuan lanjutan diberikan dana sebesar Rp 2 juta rupiah,”ungkap Dwi kepada wartawan di sela sela penyerahan bantuan, Selasa (18 Juni 2019).

Meskipun nilai bantuan ini kecil namun diharapkan dapat menjadikan para Disabilitas berdaya dan mandiri sebagai perempuan karena mereka memiliki ruang untuk mengaktualisasikan diri. “Meskipun nilainya tak seberapa ya, namun saya berharap mereka bisa berdaya dan mandiri,”tuturnya. 

Selain memberikan bantuan modal awal usaha, Pendiri Asesor dan Trainer Pengembangan Sumber Daya Manusia itu, berencana akan membangun akses jalan bagi tuna daksa terlebih pengguna kursi roda di Rumah-rumah Ibadah di Maluku. 

“Sejak tahun 2016, saya sudah berikan alat bantu untuk disabilitas yaitu kursi roda di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kepulauan Aru, di Pulau Seram dan masih banyak lagi. Oleh karena itu dalam waktu dekat saya juga berencana akan membangun akses jalan bagi pengguna kursi roda di rumah-rumah ibadah. Rencana tersebut akan kami mulai di Gereja dan kemudian di Masjid, ini kerjasama dengan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Maluku yang di ketuai Ibu Mien  Agisty Rumlaklak.

Sebagai Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Maluku Mien  Agisty Rumlaklak, mengaku sangat bersyukur dengan bantuan yang diberikan Pendiri Firda Athira Foundation itu, karena menjadi langkah awal bagi para disabilitas di Maluku, hal itu terlihat dari berbagai usaha yang dibangun dengan modal usaha yang diberikan seperti menjual pulsa, menjahit, berternak dan usaha lainnya. 

“Saya sudah sampaikan ke para penerima bantuan agar memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik, karena tidak ada orang yang dapat memberikan bantuan seperti itu (Uang Tunai) seperti ibu Dwi, jadi jangan disia-siakan. Puji syukur hingga saat ini 5 dari 25 penerima bantuan awal, bisa bertahan dan berkesempatan menerima bantuan lagi. Intinya kami penyandang disabilitas di Maluku sangat terbantu dengan hal ini,”ungkap Ketua HWDI Maluku.  

Sebagai salah satu penerima bantuan modal usaha, Marlina Rering yang memiliki keterbatasan Penglihatan (Tuna Netra), mengaku sangat terbantu dengan modal usaha yang diberikan Pendiri dan Direktur Clerry Cleffy Institute Maluku, Dwi Prihandini, dimana saat ini Rering telah mandiri dengan berjulan pulsa sehingga tidak ketergantungan dengan orang tua seperti sebelumnya.

“Kalo balom dapa bantuan, beta (saya) minta apa apa itu ka mama deng papa, tapi kalo sekarang saya sudah punya penghasilan sendiri, meskipun belum mendapatkan untung banyak tapi saya sangat terbantukan untuk kehidupan sehari-hari”ucap Rering.

  • Tentang Penulis

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

  • Tentang Editor

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00