• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Tangis Haru Warga Kota Ambon Mengiringi Pemakaman Iffah Syarif

14 June
14:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ambon : Kepergian Iffah Karlina Syarif, istri Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler untuk selama-lamanya membawa duka cita mendalam bagi warga Kota Ambon. 

Ribuan warga dengan berderai air mata ikut mengantarkan Ibu Iffah ke peristirahatan terakhirnya di TPU Kebun Cengkeh, Kamis (13/6/2019).

Sepanjang jalan dari Bandara Pattimura menuju rumah duka di Kawasan Galunggung Kota Ambon, anak sekolah dan ASN membentuk pagar hidup sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada sosok yang dikenal bersahaja. 

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy saat pelepasan jenazah kepada pihak keluarga mengaku Kota Ambon telah kehilangan sosok wanita hebat.

Almarhumah digambarkan sebagai wanita setia yang telah mendampingi Pak Syarif dalam karir politiknya. Sampai akhirnya meninggal dunia di Amsterdam Belanda, saat ikut dalam rombongan Walikota Ambon melaksanakan kunjungan kerja ke Belanda. 

"Beliau adalah sosok yang setia mendampingi Bapak Wakil Walikota, terus memberi semangat saat menghadapi jatuh bangun, diterpa fitnah, penghianatan, kekalahan sampai kemenangan, pujian dan sanjungan," ucap Walikota. 

Almarhumah, lanjut Walikota, juga merupakan sosok yang sederhana, rendah hati, ramah dan bersahaja.

"Kita tidak akan pernah lupa, karena kematian tidak akan mampu membunuh ingatan kita tentang apa yang pernah almarhumah tunjukkan semasa hidupnya," ungkapnya.

Walikota juga mengakui, dirinya merasa sangat kehilangan, mengingat kedekatannya dengan dengan Wawali tidak hanya sekedar pasangan politik.

"Kedekatan kami selama dua tahun memimpin Kota Ambon, menjadikan kami sebagai saudara, kami adalah keluarga," terang Walikota.

Mewakili keluarga Almarhumah, Syarif Bakrie Asyatri menyampaikan terima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu selama almarhumah dirawat di Medical Center Amsterda hingga kepulangan ke Ambon. 

"Kami sampaikan terima kasih kepada masyarakat Belanda keturunan Ambon yang memberikan dukungan moral kepada abang syarif. Terutama kepada Pak Bob Latuheru, kepada pak wem dan ibu ani serta dokter yang bekerja di rumah sakit," ucapnya. 

Almarhumah Iffah Syarif meninggalkan tiga orang anak, Radhiah Zhafirah Syarif, Muhammad Aulia Syarif dan Farihin Fadilah Syarif. Semasa hidupnya Iffah Syarif memiliki banyak pengalaman organisasi sebagai pengurus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ketua LASQI Kota Ambon, juga Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ambon. 

Almarhumah menghembuskan nafas terakhir Rabu (10/6/2019) pukul 15.20 (GMT+2) waktu Amstredam di Medical Center. Setelah dinyatakan dokter mengalami penyumbatan di paru-paru. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00