• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

BI Lirik Penenun Tanimbar

22 March
07:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ambon: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku dan Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Jepang Inpex Masela Ltd, terus konsisten memberdayakan penenun Tanimbar, Maluku Tenggara Barat Provinsi Maluku, dalam Program pemberdayaan Masyarakat (PPM) pengembangan Tenun Kelompok Batlolonar di Desa Amdasa, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

 Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Bambang Pramasudi menjelaskan, kerja sama ini sudah dibangun sejak 2017  dan kelompok penenun ini pernah mendapat bantuan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM), Alat Hanian, Alat Kelosan, perlengkapan pewarnaan dan pelatihan intensif selama empat bulan.


"Kelompok penenun itu memiliki anggota 20 orang dan telah berhasil menjalani proses pelatihan dengan baik. Awalnya,  anggota kelompok tidak bisa menenun sama sekali. Namun atas keinginan dan semangat yang tinggi, ibu-ibu Desa Amdasa saat ini sudah mampu mengoperasikan peralatan ATBM dan melakukan pewarnaan alam dengan baik,"jelas Pramasudi, Jumat (22/3/2019)



Pramasudi mengungkapkan, sebagai bukti nyata komitmen Bank Indonesia untuk berkontribusi nyata terhadap perekonomian Indonesia, maka pihaknya bersama Inpex Masela dan Pemerintah Daerah (Pemkab) Kepulauan Tanimbar, kembali memperpanjang perjanjian kerjasama Nota Kesepakatan tersebut serta akan mempeluas cakupan pekerjaan yang sebelumnya hanya pada sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kreatif hingga meliputi pengendalian inflasi dan pemberdayaan masyarakat pada bidang-bidang produktif.


"Tujuan kerja sama ini untuk kemajuan perekonomian masyarakat di Kepulauan Tanimbar,"terangnya (SS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00