• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Warga yang Melakukan Perekaman E-KTP Wajib Diwawancarai

22 March
07:32 2019
1 Votes (5)

KBRN, Ambon:  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Ambon diminta melakukan wawancara terhadap calon pembuat E-KTP dalam melengkapi identitas lengkap .Hal itu dilakukan dalam upaya membenarkan data kependudukan agar tidak terjadi salah data.

"Walaupun kesalahan satu huruf,  ini bisa  berdampak pada kesalahan identitas warga apabila  melakukan pengurusan paspor di Kantor Imigrasi,"terang Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksa Imigrasi TPI Ambon, Afrizal, Jumat (22/3/2019)


 Afrizal  menambahkan, perlu dilakukannya validasi data kependudukan karena persoalan yang seringkali ditemui petugas Imigrasi yakni adanya perbedaan ejaan nama pada E- KTP . 
Seperti untuk nama yang tertera dalam Kartu Keluarga, bila ada perbedaan ejaan satu huruf saja maka akan menjadi persoalan pada KTP, Akta, Kartu Nikah, Paspor, Ijazah Sekolah, Akta kematian dan sebagainya.



"Bila tidak dilakukan perbaikan maka KTP bersangkutan bisa ditolak ketika mengurus paspor di Kantor Imigrasi.Ini dikarenakan sistim administrasi kependudukan terkomputerisasi akan menjadi dasar pendataan segala urusan di berbagai instansi dan lembaga,"tutupnya (SS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00