• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Ombudsman: Birokrat Jangan Urus Politik

22 March
07:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ambon: Pola pikir birokrat bakal terpengaruh menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Situasi itu yang membuat Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Maluku meminta kalangan birokrat di daerah ini tidak terpengaruh pikiran politik selama proses pemilu.

Kepala Obudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku, Hasan Slamat mengimbau birokrat fokus melayani publik. Jangan malah sibuk memikirkan politik dan mengesampingkan fungsinya.

" Urusan politik menjadi tanggung jawab politisi sehingga birokrat tidak perlu repot melakukannya,"pinta Slamat, Jumat (22/3/2019)

Ia juga mengatakan, Ombudsman akan terus mengawal tahapan-tahapan pemilu, baik pemilihan legislatif (Pileg) maupun pemilihan presiden (Pilpres). Dari kedua pemilihan tersebut, pihaknya akan memastikan bahwa fungsi pelayanan publik yang dijalankan birokrat tidak terganggu.

"Biarlah politik bekerja dan birokrasi tidak terkontaminasi," saran Mantan Pengacara ini

Lebih lanjut Slamat mengatakan, Ombudsman turut mengawasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi dan kabupaten kota di Maluku pada setiap tahapan pemilu. Hal itu dilakukan karena penyelenggara pemilu sangat berpotensi menjadi pemantik atau pemicu lahirnya konflik.

Berkaca dari pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 lalu, pihaknya mengapresiasi sikap warga Maluku yang semakin dewasa berpolitik. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisivitas warga Maluku saat pilkada digelar.

"Situasi ini yang harus dipertahankan,"sarannya (SS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00