• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kriminal

Dicurigai Tidak Punya Amdal, Kalesang Lingkungan SBT Desak Perusahaan Galian C Hentikan Pengerukan Material di Sungai Sesar

23 November
11:32 2017
0 Votes (0)




KBRN, Bula : Aktivis LSM Kalesang Lingkungan Maluku Wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku mendesak CV Tiga Ikan Jaya segera menghentikan aktivitas pengangkutan material Galian C di Desa Sesar Kecamatan Tutuk Tolu. 

Pasalnya kegiatan pengangkutan ratusan kubikasi bahan material galian c untuk penimbunan dan pengerasan badan jalan masiwang air nanang itu diduga kuat tidak memiliki dokumen lingkungan. 

Ketua Kalesang Lingkungan SBT Somad Rumbalifar kepada wartawan di Bula, Kamis (22/11/2017) kuatir kegiatan CV Tiga Ikan Jaya di Desa Sesar dapat menimbukkan bencana lingkungan.  Olehnya dia mendesak perusahaan menghentikan aktivitas pengangkutan sebelum mengantongi dokumen lingkungan yg terdiri dari UKL & UPL. 

Dokumen lingkungan ini menurut Somad Rumbalifar wajib dimiliki setiap perusahaan, termasuk perusahaan Galian C, sebelum memulai eksploitasi, kendati telah memperoleh izin usaha dari pemerintah daerah. 

"Berdasarkan pengamatan  LSM Kalesang, aktivitas pengerukan material Galian C di Sungai Sesar Kecamatan Tutuk Tolu yang diduga tidak dilengkapi dengan dokumen lingkungan,  telah menyebabkan perluasan volume sungai dan banjir hebat saat musim hujan," ungkap Somad Rumbalifar.

Diingatkan, saat ini, aliran air di Sungai Sesar dari hari ke hari makin mengecil dan arahnya mengalir tidak karuan sebagai akibat dari pengerukan material secara besar besaran oleh CV Tiga Ikan jaya. 

Olehnya Kalesang Lingkungan Maluku Wilayah SBT mendesak pihak perusahaan agar menghentikan aktivitas pengerukan material di Sungai Sesar hingga dokumen lingkungan telah dibuat atau dikantongi. 

"LSM Kalesang Lingkungan SBT telah meninjau lokasi dan kini sedang menyusun laporan ke pengurus wilayah untuk diteruskan ke Ditreskrimsus Polda Maluku  sebagai dugaan kejahatan tindak pidana lingkungan," pungkas Rumbalifar. (AL)

  • Tentang Penulis

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

  • Tentang Editor

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00