• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Lanal Saumlaki Gelar Pesantren Kilat Dukung Program Pemerintah Berantas Buta Aksara

19 June
23:55 2017
1 Votes (5)

KBRN, Ambon: Pangkalan TNI AL Saumlaki (Lanal Saumlaki) menggelar pesantren kilat yang diikuti oleh 100 orang siswa – siswi SMP dan SMA se-Kabupaten Maluku Tenggara Barat bertempat di Masjid Baiturrahman, Saumlaki, Minggu (18/06/2017).

Komandan Lanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Wirawan Ady Prasetya, S. Sos menyampaikan bahwa Pesantren Kilat Ramadhan 1438 Hijriah ini dilaksanakan oleh Lanal Saumlaki bekerja sama dengan Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Sarjana Mengajar di Daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM3T) yang merupakan wujud kepedulian dalam memupuk akhlak karimah, jiwa mandiri, berkarakter, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

Pesantren Kilat Ramadhan merupakan upaya untuk membantu program pemerintah dalam rangka memberantas buta aksara dengan program yang dititikberatkan pada penerapan hidup beragama. Melalui kegiatan ini peserta akan menerima nilai – nilai agama sebagai dasar pembentukan nilai kepribadian dan moral yang baik, meningkatkan pemahaman tentang agama Islam, dan membentuk sikap tingkah laku dan budi pekerti yang baik.

Pesantren kilat ini diisi dengan materi – materi : Sejarah Nabi Muhammad SAW, Tadarus Al Qur'an, Shalat berjamaah, Bahasa Arab, Hafalan surat – surat pendek, Kultum, buka bersama, Sholat Tarawih, Pembacaan Shalawat Nabi SAW, Teori dan praktek shalat Dhuha, wudhu dan tayamum, Bela Negara salah satu bagian dari Iman, Paham-paham radikalisme yang bertentangan dengan agama dan Pancasila,  Gemar menabung untuk akhirat berlandaskan Rukun Islam.  Materi – materi saat pesantren kilat disampaikan oleh pemateri dari Lanal Saumlaki, BRI Cabang Saumlaki, Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan SM3T.

Diharapkan setelah mengikuti pesantren kilat ini, para peserta dapat menerapkan nilai – nilai yang diajarkan dalam kehidupan sehari-hari. (PEN LNL SMLK/DISPEN LANTAMAL 9/ NAL)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00